Ikigai - Alasan Untuk Hidup

Hi Nice People

Kemarin aku habis ikut training online yang kebetulan mengangkat tema Ikigai.
Aku sendiri pertama kali mengetahui tentang konsep Ikigai ini.

Lalu ku cari di Youtube dengan konsep yang lebih mendalam.

Jadi Konsep Ikigai ini mempunyai arti Alasan Untuk Hidup.

Cocok banget untuk orang-orang yang ga mencintai rutinitasnya, orang-orang yang suka bertanya, sebenarnya hidup ini untuk apa, dan orang-orang yang tidak termotivasi untuk hidup.

Konsep Ikigai ini akan membuat kita lebih termotivasi dalam menjalani rutinitas sehari-hari.




Ikigai ini dibagi menjadi 4 kategori :
What you love
What the world needs
What you can be paid for
What you are good at

Setiap dari kategori itu, ada irisan yang terjadi.

Kamu melakukan apa yang kamu suka, dan dibutuhkan banyak orang, tapi yang kamu lakukan itu bukan hal yang kamu handal, dan tidak mendapatkan bayaran yang cukup. Itu berada dalam irisan Mission.

Kamu melakukan apa yang dibutuhkan banyak orang, dan kamu dibayar untuk hal itu, tapi sayangnya kamu ga suka ngelakuin itu, dan kamu ga handal di situ.. Itu berada dalam irisan Vocation.

Berikutnya, kamu dibayar karena kamu jago dalam mengerjakan suatu hal, tapi kamu ga suka kerjaan itu. Itu berada dalam irisan Profession.

Terakhir, kamu itu melakukan apa yang kamu suka, dan kamu sangat jago melakukannya, sayangnya kamu ga dibayar cukup untuk menjalankan itu semua. Itu berasa dalam irisan Passion.

Katanya, kalau kamu sudah berada dalam salah satu irisan, congratulations, you are on the right track, harus berjuang agar mencapai yang di tengah, yaitu Ikigai itu sendiri.

Aku juga mau mencoba melakukan konsep ini, dan bisa mencapai Ikigai.
Teman-teman juga wajib coba!


Comments