Travel : Tips Gampang Travel ke Singapore

Hi Nice People~

Sesuai janji, aku mau bagiin tips untuk travel ke Singapore. Apa lagi untuk yang pertama kali mau ke sana. Ini tips ke Singapore versi aku, yang rada hemat dan setengah backpaker.


1. Beli tiket promo

Kalau bisa beli tiket dilakukan dari beberapa bulan sebelumnya, jadi ceritanya ini travel yang direncanakan, bukan yang tiba-tiba mau berangkat. Biar bisa cari-cari yang harganya murah. Kalau ga ada bayangan murahnya seberapa, aku kadang bisa dapat tiket dengan harga Rp 600.000an untuk tiket pulang dan pergi, 1 orang.

2. Cek masa berlaku passport

Passport memang masih berlaku, tapi kalau masa berlakunya kurang dari 6 bulan, tetap ga boleh ke luar negri loh. Jadi perpanjang dulu passport mu

3. Cari penginapan yang dekat dengan akses MRT

Cari penginapan via online sebelum berangkat, diusahakan yang dekat dengan stasiun MRT biar ke mana-mana bisa jalan kaki dan hemat transport.

4. Cari 10 destinasi yang menarik di Singapore. (cek 10 Destinasi Iconic Singapore)

Karena pergi ke negara lain tak semudah bilang "terserah deh mau ke mana aja", tentukan mau ke mana aja selama di sana, sebelum berangkat. Karena itu akan mempermudah kamu cari rute, biar ga bolak balik sia-sia

5. Pakai alas kaki yang nyaman

Di sana kamu akan sering berdiri, jalan, lari (kalo perlu), dan selalu naik MRT / Bus. Jadi pakailah alas kaki yang nyaman. Nanti trip mu jadi ga menyenangkan kalo ternyata kakimu sakit.

6. Miliki kartu Ez Link

Itu kartu e-money, buat bayar-bayar semua transportasi umum. Bisa diisi ulang di stasiun MRT atau di 7Eleven.

7. Pelajari rute dan nama stasiun MRT

Setelah ada destinasinya, pelajari rute termudah untuk mencapai destinasi yang sudah dirancang. Kan kita harus tau mau turun di stasiun apa dan mau jalan ke arah mana. Oh ya, Google Map akan sangat membantu, aku merasakannya.

8. Sebelum berangkat beli paket roaming dari provider selular mu

Pastikan paket roaming aktif sampai dengan hari kepulangan mu. Sebenarnya kalau minta WiFi hotel ya bisa-bisa aja, cuma kan kamu di luaran kudu cek Google Map agar tak tersesat. Makanya butuh paket data roaming itu.

9. Tukar SGD di Money Changer Indonesia

Tukar beberapa SGD bawalah secukupnya, dan lakukan itu di Money Changer Indonesia, jangan di Singapore dan jangan di bandara, karena MAHAL.

10. Bahasa Inggris tak perlu jago

Kebanyakan orang yang belum pernah ke Singapore dan tidak jago berbahasa Inggris akan merasa minder, atau takut diajak ngomong oleh orang di sana. Tenang aja guys~ di sana bahkan banyak turis lain yang ga bisa baca, ga paham orang lain ngomong apa, dan mereka bisa tetap berlanjut. Di Singapore kalau ga fasih bahasa Inggris, atau Mandarin, pakai bahasa jari aja, tinggal tunjuk, atau bahasa leher, tinggal angguk atau geleng.

11. Cari tahu peraturan Imigrasi

Kan banyak peraturan terbang dan Imigrasi, coba browsing dulu, apa yang boleh dan ga boleh. Salah satu contoh yang ga boleh adalah membawa cairan lebih banyak dari 100ml. Misal bawa parfum wadahnya 125ml, tapi isinya tinggal dikit (di bawah 100ml), ini tetap tidak boleh, maka barang itu harus ditinggalkan.

Sepertinya udah cukup tips travel ke Singapore versi aku, ha ha ha.
Terakhir, kalo udah baca semua dan masih ragu untuk ke Singapore, silahkan bawa temen yang udah pernah ke sana, dijamin hidup aman dan tentram.

Enjoy your trip to Singapore!
Have a happy life, Nice People!

Comments