Pindah Non Bank?

Hi Nice People

Celotehan kali ini berasal dari pengalaman pribadi dan curhatan teman teman sejawat juga. Jadi harusnya kisah ini VALID untuk kebanyakan banker yang beredar di sekitar kita.

Segalanya berawal dari kumpulan banker yang senang bergaul dan curhat. Rintihan gw dan mereka isinya sama koq. Gini nih :

"Jenuh ya kerja di bank, pengen cari kerjaan baru"
"Pengen ga kerja di bank lagi deh, kalopun kerja di bank, kantor pusat aja"
"Stress banget gw, pengen kerjaan non bank aja ada ga sih?"
"Ya Allah kuatkan saya menjalani pekerjaan ini"
"Udah gw mau resign pokoknya titik"

Percaya ga percaya nih ya, tidak ditemukan jawaban atas lontaran lontaran omongan di atas.
Kumpulan banker itu terus aja berkeluh kesah seperti itu tiap kali ketemuan. Setelah beberapa waktu berlalu, personil pun tidak berubah, "Masih aja lo di sini, belom resign?". Ini semua ibarat curhatan tanpa solusi.
Yang ga pernah kerja di bank, pasti bingung kenapa bisa ga ada jawaban atas omongan di atas?
Jelas jelas kerjaan lain kan banyak dan berlimpah ruah, tinggal lamar aja 1, then pindah kerja deh.

Tidak semudah itu Ferguso.. Karena para banker ini terkena penyakit ZONA NYAMAN.
Coba ya kita cek pemasalahannya.

"Kemaren gw udah interview di perusahaan X, tapi hari Sabtu masuk cui sampe jam 3"
See kan? Jadi Banker bertahun tahun ga perlu masuk kerja hari Sabtu. Paling kalo ada acara khusus, itu juga setahun ga lebih dari 5x masuk di hari Sabtu. Padahal nih ya, hari Sabtu belum tentu juga ada acara penting, paling juga goleran di ranjang sampe jam 11, terus bangun karena laper.

"Gw dapet dong lowongan kantor pusat, tapi makin jauh ya dari rumah, malah kena ganjil genap, terus kalo di kantor pusat ga ada skema insentifnya, kalo sekarang kan enak ada bonus bonusnya. Plus lagi duduk di cubical gitu, ga bisa kabur kaburan kayak sekarang, istirahat ya 12 to 1, terus balik kerja lagi deh, bosen kali ya kalo jadi anak kantor pusat gitu"
Tuh, coba, ada kesempatan tapi tetep aja selalu bisa menemukan negatifnya duluan.

"Nasabah gw nawarin kerjaan nih, gara2 gw suka nanyain di tempat dia ada lowongan atau ngak. Eh dikasi tuh, gile tapi gajinya turun 40% dari gaji sekarang. Gimana nih, malah gaya hidup ga bisa turun"
Ini berasa banget sih, gaji turun, masa kudu nurunin gaya hidup, worth it ga sih?

"Perusahaan Y mau nih nerima gw, eh pas gw tanya, fasilitasnya kurang banget, jauh banget kalo dibandingkan dengan bank. Asuransi nya ga ada, Dana Pensiunnya ga ada, Cuti 1 tahun pertama ga ada sama sekali, terus masa Cuti Bersama memotong jatah Cuti Tahunan kita, terus Tunjangan 1 tahun cuma 1x aja pas Lebaran, pas akhir tahun ga dapet apa apa"
Ternyata terbuai dengan kasih sayang yang bank berikan yah (ha ha ha)

Masih banyak lagi contoh Zona Nyaman lainnya. Hal berikutnya yang perlu dibahas adalah para banker itu ga pede kalo harus pindah industri. Ga yakin aja, apa bisa ya kerjain kerjaan yang beda dari biasanya?

"Lo pengen keluar dari dunia perbankan? Terus mau kerja non bank? Emang lo bisanya apa?"

Dan biasanya jawaban yang muncul ngambang dan penuh keraguan.

"Gw bisa apa ya? Ya gini aja ngitung bunga, nyaranin solusi keuangan untuk nasabah, maintain relasi sama nasabah, maintain dana nasabah, dan bisa dengerin nasabah curhat, ha ha ha"

Terus ketawanya getir gitu, gara gara setelah digali, koq bisanya itu doang.
Sejujurnya hal hal yang disebutkan di atas itu adalah bukti konkrit dari bisa karena terbiasa.
Ya masa kerjaan yang udah dilakuin bertahun tahun, masih juga ga bisa.
Gw rasa kalo pindah ke industri lain, asal mau belajar, dan mau usaha, juga pasti bisa seperti sekarang. Karena banyak banget sih yg kalo mau dibilang tuh lulusannya ga sesuai dengan perbankan. Ada salah seorang temen gw yg S2 Arsitek nyasar juga ke bank. Ada yang Sarjana Peternakan, Sarjana Pertanian, Design Grafis, IT dll ada di bank (jadi marketing bank). Waktu awal masuk kan pasti diajarin, dan ikut training toh. Buktinya aja sekarang bisa kaann?

Oh, pernah suatu kali meet up sama yang udah 'Graduate' dari dunia perbankan. Dia pindah ke salah satu perusahaan Non Bank yang bergerak di bidang jasa penyewaan properti. Pesannya cuma 1 kalimat yang sangat penting dan krusial. "Sa, jangan jadi katak dalam tempurung".

Gw renungkan itu kalimat, lalu gw mencapai pada sebuah konklusi. Bener juga ya. Banker itu katak dalam tempurung. Tempurungnya besar banget ceritanya. Di dalam tempurung ada katak katak lain yang juga ga punya bayangan hidup di luar tempurung itu seperti apa. Para katak berkumpul, obrolannya sama, ga pernah ketemu solusi, dan ga pernah ada bayangan kerjaan di luar yang non bank tuh ngapain sih.

Dan temen gw itu, ada bilang juga soal coba aja lamar ke perusahaan perusahaan yang lagi booming sekarang, seperti Tokopedia, Shopee, Gojek, Grab, Traveloka, dll. Karena menurut dia, perusahaan perusahaan seperti itu bisa loh ngasih gaji yang memadai, ga kalah dengan yang bank kasih.

Then dengan tekad membara gw ngecek di Linked In, lowongan kerja yang dari perusahaan start up kekinian, Tokopedia ada nih lowongan butuh karyawan, Traveloka ada nih butuh karyawan. And you know what, pas baca lowongan lowongan itu, sampe bengong bengong liat jobdesc nya, terbingung bingung karena ga tau maksud jobdesc nya itu harus ngapain aja, bener bener beda field sih.

"Ini requirement nya sih masuk, tapi ini jobdesc nya disuruh ngapain ya?"

Jadilah orang yang sudah bertekad kuat ingin keluar dari dunia perbankan pun gentar, kaki mulai lemas tak mampu menopang badan sendiri, isi kepala semakin kusut dan perut mulai terasa mules.
Apa mungkin bisa diterima ya kalo misalnya beranikan diri untuk interview? Jangan jangan nanti udah coba interview, ga diterima kan malu maluin.

Di tengah keraguan soal interview non bank, saat pikiran kalut, tiba tiba ada telpon masuk dari bank tetangga yang menawarkan sebuah posisi di bank itu. Tanpa pikir panjang, semangat pun mendadak meletup-letup bagai kembang api, rasa percaya diri mendadak bangkit kembali.

"Baik bu, saya akan datang untuk interview hari Senin jam 9 pagi ya", sambil mengakhiri telepon dengan orang yang mengundang interview dari bank tetangga itu.

See? Katanya mau resign, katanya ga mau kerja di bank lagi, tapi coba kerja bidang lain malah ragu sana ragu sini. Lucunya ketika dapet telepon tawaran pekerjaan dari bank tetangga, kaki yang tadinya lemas pun langsung tegak dan siap ikut dalam interview.

Mungkin ini ya beratnya Zona Terbiasa. As I said before, pekerjaan pekerjaan yang dilakukan sehubungan dengan jobdesc di bank itu dilakukan dan menjadi bisa karena terbiasa. Mau coba atau belajarin hal baru, ragu karena ga terbiasa. Akhirnya sudah terlibat cinta segitiga antara Banker dengan Zona Nyaman dan Zona Terbiasa. Lalu si banker tetap menjadi banker selamanya.

Terus banker tuh lucu lucu, kalo ditanya dream job nya apa, jawabnya gini, "Ah gw mau jadi sosialita aja, ngumpul ngumpul, foto foto cantik, makan makan, foto pas ngegym, foto party di rooftop".
Ya ya ya, rasanya pengen gw jedotin kepalanya sambil bilang, "Eh *piiiip*, itu mah bukan dream job".
Gini emang efek samping bergaul sama orang orang kaya (sebut saja Nasabah), jadinya HALU.

Itulah sekilas drama dan dilema yang mewarnai kehidupan para banker.

Inilah kami para banker yang tak jauh dari mengucap kata resign, ingin bekerja di perusahaan non bank tapi tak percaya diri. Inilah kami para banker yang mau tak mau harus menikmati suka duka dunia perbankan karena tak mampu move on.


Berikan tepuk tangan yang meriah bagi yang mengalami Cinta Segitiga antara Banker, Zona Nyaman dan Zona Terbiasa (ha ha ha)

See ya~
Have a happy life, Nice People!



Comments